Pertama buka Visual Basic 2010 dan pada form1 buatlah tampilan seperti berikut
Lalu tambahkan form2 dan buat tampilan seperti berikut
Pada form 2 tambahkan timer yang dapat ditambahkan dari toolbox.
Lalu tambahkan form3 dan buat tampilan seperti berikut
Pada bagian atas terdapat 3 picturebox yang di sembunyika dengan mengubah property visible nya yang awalnya true menjadi false. Lalu tambahkan timer dan imagelist. Untuk warna dan huruf bisa kamu sesuaikan sendiri dengan mengubah propertiesnya.
Setelah semuanya selesai, masukkan listing berikut pada form yang bersangkutan :
Public
Class Form1
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles Button1.Click
Me.Hide()
Form2.Show()
End Sub
Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles Button2.Click
Me.Hide()
Form3.Show()
End Sub
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles MyBase.Load
End Sub
End Class
Keterangan
: Listing code diatas digunakan untuk menampilkan form2 (Acak Angka) atau
form3(acak gambar)
Acak Angka
Public Class Form2
Sub Putaran()
Label1.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
Label2.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
Label3.Text = CStr(Int(Rnd() * 10))
End Sub
Keterangan :
Listing code ini digunakan untuk mengambil angka acak dari 1-10 untuk label1,
label2 dan label3
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
Call Putaran()
If Label5.Text = 1 Then Button1.Enabled
= False
Label5.Text = Val(Label5.Text - 1)
Timer1.Enabled = True
Label1.Text = ""
Label2.Text = ""
Label3.Text = ""
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button5.Enabled = False
If Label5.Text = "0" Then
Timer1.Enabled = False
MsgBox("GAME OVER")
Button4.Enabled = False
Button2.Enabled = True
Button3.Enabled = True
Button5.Enabled = True
End If
End Sub
Keterangan :
Listing ini merupakan listing code yang berjalan ketika pengguna menekan tombol
“Start”. Listing ini akan menjalankan perintah sub “putaran”, mengecek
label5.text yang merupakan nyawa dan mengunci tombol.
Jika label5.text
yang merupakan nyawa dalam permainan ini = 0 maka akan ditampilkan msgbox(“Game
Over”) dan mengunci tombol lain kecuali restart, exit dan kembali ke menu. Jika
belum 0 maka permainan akan dilanjutkan.
Private Sub Button4_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button4.Click
Timer1.Enabled = False
If (Label1.Text = Label2.Text) Or
Label2.Text = Label3.Text Or Label1.Text = Label3.Text Then
MessageBox.Show("CONGRATULATIONS
YOU WIN")
Label5.text=
val(label5.text) +1
Else : msgbox(“Try Again”)
If Label5.Text = 0 Then
MsgBox("GAME OVER")
End If
Button1.Enabled = True
Button2.Enabled = True
Button3.Enabled = True
Button5.Enabled = True
End Sub
Keterangan :
Listing ini merupakan listing code yang akan berjalan ketika pengguna menekan
tombol “Stop”. Listing ini akan menghentikan pengacakan angka dan mengecek
hsail pengacakan angka, apabila ada 2 angka kembar maka akan keluar message box
(“Congratulation You Win”) dan sebaliknya message box (“Try Again”). Dia juga
akan mengecek apabila nyawa telah habis maka akan ditampilkan message box
(“Game Over”).
Jika text pada
label 1 sama dengan label 2 atau label 3 sama dengan label 1 dan label 2 sama
dengan label 3 maka akan ditampilkan msgbox(“Congratulation You Win”) dan label
5 yang merupakan nyawa pengguna akan ditambah 1, jika tidak maka akan
ditampilkan msgbox(“Try Again”).
Jika saat tombol
ini ditekan dan kondisi nyawa = 0 maka akan ditampilkan msgbox(“Game Over”)
Private Sub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button2.Click
Label5.Text = 6
Button1.Enabled = True
End Sub
Keterangan :
Listing ini merupakan listing code yang akan berjalan ketika pengguna menekan
tombol “Restart”. Ini akan mengembalikan nilai nyawa kembali dari awal yaitu 6
dan mengaktifkan tombol start kembali
Private Sub Button3_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
Close()
End Sub
Keterangan :
Listing ini merupakan listing code yang akan berjalan ketika pengguna menekan
tombol “Exit”. Ini akan menutup program.
Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As
System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
Call Putaran()
End Sub
Private Sub Button5_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button5.Click
Label5.Text = 6
Me.Hide()
Form1.Show()
End Sub
End Class
Keterangan :
Listing ini merupakan listing code yang akan berjalan ketika pengguna menekan
tombol “Kembali ke menu”. Ini akan menutup form2 dan membuka kembali ke form1.
Acak Gambar
Public Class Form3
Dim
x, a, b, c As Integer
Private Sub Timer1_Tick(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles Timer1.Tick
x = x + 1
If x < 1000 Then
a = Int(Rnd() * 4)
b = Int(Rnd() * 4)
c = Int(Rnd() * 4)
Select Case a
Case 1
PictureBox1.Image =
ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox1.Image =
ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox1.Image =
ImageList1.Images.Item(2)
End Select
Select Case b
Case 1
PictureBox2.Image =
ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox2.Image =
ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox2.Image =
ImageList1.Images.Item(2)
End Select
Select Case c
Case 1
PictureBox3.Image =
ImageList1.Images.Item(0)
Case 2
PictureBox3.Image =
ImageList1.Images.Item(1)
Case 3
PictureBox3.Image =
ImageList1.Images.Item(2)
End Select
End If
End
Sub
Keterangan : Listing ini
merupakan listing code yang digunakan untuk mengambil 1 gambar acak untuk
masing – masing picturebox. Jadi tiap timer ini berdetik dia akan menjalankan
listing code ini untuk mengacak gambar.
Jika (selama) x kurang dari 1000
maka dia akan mengambil angka acak untuk variabel a,b,c sehingga a,b,c nilainya
antara 1 – 4. Lalu untuk a apabila terambil angka 1 maka gambar pada picturebox
1 akan ditampilkan gambar dari imagelist 1 yang item ke 0, apabila 2 maka item
ke 1 dan apabila 3 maka item ke 2. Hal ini juga berlaku untuk b dan c. Listing
ini hanya bisa mengacak sebanyak 999 kali selama 999 detik, apabila 1000
diganti dengan 2000 maka bisa mengacak sebanyak 1999 selama 1999 detik.
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles Button1.Click
If Label2.Text = 1 Then Button1.Enabled = False
Label2.Text = Val(Label2.Text - 1)
Timer1.Enabled = True
PictureBox1.Visible = "True"
PictureBox2.Visible = "True"
PictureBox3.Visible = "True"
Button1.Enabled = False
Button2.Enabled = False
Button3.Enabled = False
Button5.Enabled = False
If Label2.Text = "0" Then
Timer1.Enabled = False
MsgBox("GAME OVER")
Button4.Enabled = False
Button2.Enabled = True
Button3.Enabled = True
Button5.Enabled = True
End If
End
Sub
Keterangan : Listing ini
merupakan listing code yang akan berjalan ketika pengguna menekan tombol
“Start”. Ini akan menampilkan acakan, mengaktifkan tombol dan mengecek
label2.text yang merupakan nyawa dalam permainan ini.
Private Sub Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles Button4.Click
Timer1.Enabled = False
If a = b Or b = c Or a = c Then
MsgBox("Congratulation!")
Label2.Text = Val(Label2.Text) + 1
Else : MsgBox("TRY AGAIN!")
End If
Button1.Enabled = True
Button2.Enabled = True
Button3.Enabled = True
Button5.Enabled = True
End
Sub
Keterangan : Listing ini
merupakan listing yang akan berjalan ketika pengguna menekan tombol “Stop”. Ini
akan mennghentikan proses pengacakan yang merupakan perintah listing timer1 dan
mengecek kondisi gambar. Apabila ada gambar yang sama maka akan ditampilkan
message box (“Congratulation”), menambah nyawa 1 dan sebaliknya message box
(“Try Again”) serta mengaktifkan tombol.
Jika nilai variabel a sama dengan
b atau b sama dengan c atau a sama dengan c maka akan ditampilkan
msgbox(“Congratulation”) dan label 2 yang merupakan nyawa akan ditambah 1,
apabila tidak memenuhi kondisi ini maka akan ditampilkan msgbox(“Try Again”)
Private Sub Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles Button2.Click
Label2.Text = 6
End
Sub
Keterangan : Listing ini
merupakan listing code yang akan berjalan ketika pengguna menekan tombol
“restart”. Ini akan mengembalikan nyawa ke awal yaitu 6.
Private Sub Button3_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button3.Click
Close()
End
Sub
Keterangan : Listing ini
merupakan listing code yang akan berjalan ketika pengguna menekan tombol
“Exit”. Ini akan menutup program.
Private Sub Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.EventArgs) Handles Button5.Click
Label2.Text = 6
Me.Hide()
Form1.Show()
End
Sub
Keterangan : Listing ini
merupakan listing code yang akan berjalan ketika pengguna menekan tombol
“Kembali ke menu utama”. Ini akan menutup form3 dan menampilkan kembali form1.
End Class
Untuk flowchart dari program tersebut yaitu :
Nah mudah bukan? Selamat mencoba ^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar