Kamis, 08 November 2012

MODUL 1


1.      Visual basic adalah sebuah bahasa pemrograman untuk membuat program pernagkat lunak komputer berbasis grafik dan sistem operasi microsoft windows .Untuk membuat program lunak tersebut perlu menawarkan intergrated developmen environment(IDE).

2.      Penemu visual basic bernama allen coorner .






















1.      Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM). Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat. (http://awirnubie.wordpress.com/)
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.[1] Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis Microsoft Windows yang merupakan Object Oriented Programming (OOP), yaitu pemrograman berorientasi objek, Visual Basic menyediakan objek-objek yang sangat kuat, berguna dan mudah.

2.
3. Sejarah Visual Basic diawali dari perkembangan bahasa BASIC di darthmouth College, Amerika Serikat, pada awal tahun 1960-an. Pada tahun 1982 IBM/PC diperkenalkan pada masyarakat, Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk komputer ini. Didalamnya disertakan pula bahasa BASIC yang dikenal sebagai QuickBasic (QBASIC). Pada tahun 1990-an era DOS berlalu digantikan era Windows. Tampilan grafis windows yang sangat bagus dan lebih interaktif mengubah pemrograman dari pekerjaan yang memusingkan kepala menjadi sebuah pekerjaan yang sangat menyenangkan. Microsoft pun akhirnya membuat BASIC versi Windows yang dikenal dengan Microsoft Visual Basic.
Perkembangan Visual Basic :
·         Proyek “Thunder” dirintis
·         Visual Basic 1.0 (May 1991) di rilis untuk windows pada Comdex/Windows   Wordltrade yg dipertunjukan di Atlanta , Georgia
·         Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada bulan September 1992.  Bahasa ini tidak kompatibel dengan Visual Basic For Windows. VB 1.0 for DOS ini pada kenyataaanya merupakan versi kelanjutan dari compilerBASICQuickBasic dan BASIC Professional Development System.
·         Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992, Cakupan pemrogramannya cukup mudah untuk digunakan dan kecepatannya juga telah di modifikasi. Khususnya pada Form yg menjadikan object dapat dibuat secara seketika, serta konsep dasar dari Class modul yg berikutnya di implementasikan pada VB 4
·         Visual Basic 3.0 , dirilis pada musim panas 1993 dan dibagi menjadi  versi standard dan professional. VB 3 memasukan Versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yg dapat membaca serta menulis database Jet (atau Access) 1.x
·         Visual Basic 4.0 (Agustus 1995) merupakan versi pertama yg dapat membuat windows program 32 bit sebaik versi 16 bit nya. VB 4 juga memperkenalkan kemampuan untuk menulis non-GUI class pada Visual Basic
·         Visual Basic 5.0 (February 1997), Microsoft merilis secara eksklusif Visual basic untuk  versi windows 32 bit . Programmer yg menulis programnya pada versi 16 bit dapat dengan mudah melakukan import porgramnya dari VB4 ke VB5. dan juga sebaliknya, program VB5 dapat diimport menjadi VB4. VB 5  memperkenalakan kemampuan untuk membuat  User Control.
·         Visual Basic 6.0 (pertengahan 1998) memperbaiki beberapa cakupan, temasuk kemapuannya untuk membuat Aplikasi Web-based . Visual Basic 6 di jadwalkan akan memasuki Microsoft “fasa non Supported” dimulai pada maret 2008
·         Visual Basic .NET (VB 7), dirilis pada tahun 2002, Beberapa yang mencoba pada versi pertama .NET ini mengemukakan bahwa bahasa ini sangat powerful tapi bahasa yg digunakan sangat berbeda dengan bahasa sebelumnya, dengan  kekurangan diberbagai area, termasuk runtime-nya yang 10 kali lebih besar dari paket runtime VB6 serta peningkatan penggunan memory.
·         Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
·         Visual Basic 2005 (VB 8.0) , merupakan iterasi selanjutnya dari Visual Basic .NET. dan Microsoft memutuskan untuk menghilangkan kata kata .NET pada judulnya. Pada Rilis ini , Microsoft memasukan bebrapa fitur baru, diantaranya :
·         Edit and Continue , mungkin inilah kekurangan fitur terbesar dari  VB .NET . pada VB 2005 ini kita diperbolehkan melakukan perubahan kode pada saat program sedang dijalankan
·         Perbaikan pada Konversi dari VB ke VB NET12Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
·         IsNot Patent, merupakan salah satu fitur dari Visual Basic 2005 merupakan konversi If Not X Is Y menjadi If X  IsNot Y
·         Visual Basic 2005 Express , merupkan bagian dari Product Visual Studio. Microsoft membuat Visual Studio 2005 Express edition untuk pemula dan yg gemar dengan VB, salah satu produknya adalah Visual Basic 2005 Express yg merupakan produk gratis dari Microsoft
·         Visual Basic “Orcas” (VB 9.0) , dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2007 dan dibangung diatas .NET 3.5. Pada rilis ini , Microsoft menambahkan beberapa fitur , diantaranya :
- True Tenary operator , yaitu fungsi If(boolean,value, value)  yg digunakan untuk menggantikan fungsi IIF
- LINQ Support
- Ekspresi Lambda
- XML Literals
- Nullable types
- Type Inference
·         Visual Basic ‘VBx’ (VB 10.0) , Visual Basic 10, yang  juga dkenal dengan nama VBx, akan menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. VB 10 direncanakan akan menjadi bagian dari SilverLight 1.1

4. 1. Bahasa C

Sejarah

Bahasa C merupakan perkembangan dari bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C yang diciptakan oleh Dennis Ricthie & W. Kerninghan tahun 1972 di Bell Telephone Laboratories Inc (Sekarang adalah AT & T Bell Laboratories).

Aplikasi bahasa C :


-Bahasa C pertama kali digunakan di Komputer Digital Equipment Corporation PDP-11 yang menggunakan system operasi UNIX.
-Bahasa C juga digunakan untuk menyusun operasi Linux.
-Banyak bahasa pemrogaman popular seperti PHP dan Java menggunakan sintaks dasar mirip bahasa C.

Kelebihan :

-Bahasa C tersedia hampir di semua jenis komputer.
-Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksible untuk semua jenis computer.
-Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci, hanya terdapat 32 kata kunci.
-Proses executable program bahasa C lebih cepat.
-Dukungan pustaka yang banyak.
-C adalah bahasa yang terstruktur.
-Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah.

Kekurangan Bahasa C :

-Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang - kadang membingungkan pemakai.
-Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan Pointer.

2. Bahasa Pascal

Sejarah

Pascal dibuat pertama kali oleh Prof. Niklaus Wirth, seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Pascal berasal dari nama matematikawan yaitu Blaise Pascal. Pascal digunakan untuk mengenalkan pemrograman terstruktur.

Aplikasi Bahasa Pascal

-Pascal dipakai sebagai landasan pembuatan kode perangkat lunak Delphi (berbasis Windows).
-Pascal dipakai sebagai landasan pembuatan kode perangkat lunak Kylix (berbasis Linux).

Kelebihan :

-Tipe data standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia bahasa pemrogaman. Pascal memiliki tipe data standar Boolean, integer, char, real, string.
-User defined data types, programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari tipe data standar.
-Strongly-typed, programmer harus menentukan tipe data dari suatu variable dan variable tersebut tidak dapat dipergunakan untuk menyimpan tipe data selain format yang ditentukan.
-Terstruktur, memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (procedur dan function) yang dapat dipergunakan berulang-ulang.
-Sederhana dan ekspresif, memiliki struktur yang sederhana dan sangat mendekati bahasa manusia (bahasa inggris) sehingga mudah dipelajari dan dipahami.

Kekurangan bahasa Pascal :

-Versi awal Pascal kurang cocok untuk aplikasi bisnis karena dukungan basis data yang terbatas.
-Sintaks Pascal terlalu bertele-tele.
-Tidak mendukung pemrograman berorientasi objek.
-Pascal tidak fleksibel dan banyak kekurangan yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi yang besar.

3. Bahasa Basic

Sejarah

BASIC adalah beginner all-purpose symbolic instruction code dikembangkan tahun 1965 di Darmouth College oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz. Awalnya ditujukan untuk pengajaran dasar pemrogaman komputer.

Aplikasi bahasa Basic

-Landasan pemrograman Visual Basic dan visual Basic for application.
-Bahasa pemrograman pada banyak produk Microsoft seperti untuk administrasi dan otomatisasi batch Script, WindowScript house.
-Untuk pembuatan program kid Basic, FreeBasic, dan Gambas.

Kelebihan :

-Bahasa Basic tergolong bahasa serbaguna dan dapat digunakan di aplikasi apa saja.

Kekurangan :

-Bahasanya kurang terstruktur.
-Tidak cocok untuk membuat aplikasi besar.
-Sintaksnya penuh dengan GOTO yang menyesatkan.
-Bahasa ini merupakan bahasa yang primitif di era DOS.

4. Bahasa C++

Sejarah

Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup tahun 1983 di Lab Bell. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek menggunakan kaidah bahasa C.

Aplikasi bahasa C++

-Sebagai bahasa pemrograman di Windows, UNIX, Linux.
-Visual C++ dapat dibuat aplikasi apa saja seperti database.
-Bahasa untuk pembuatan system operasi, game, system kendali, pembuatan aplikasi.
-Untuk membuat bahasa baru atau membuat compiler bahasa baru.
-Untuk menulis komponen dan file-file pustaka bahasa lain.

Kelebihan : 

-Merupakan induk dari bahasa pemrograman perl, php, Phyton, visual Basic, gambas, Java, C#.
-Compiler bahasa C++ terdapat di semua platform.
-Untuk pengembangan visual dijejali dengan platform yang sangat banyak seperti OWL, MFC, Cocoa, QT, GTK, dll.
-Merupakan pemrograman berorientasi objek.

Kekurangan:

-Bahasa ini cukup sulit untuk dipelajari dan dipahami.
-Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang - kadang membingungkan pemakai.
-Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan Pointer.

5. Bahasa Cobol

Sejarah

COBOL diciptakan pada tahun 1959. Bahasa COBOL pertama kali diperkenalkan secara resmi atau formal pada bulan Januari 1960. Versi dari bahasa COBOL ini disebut dengan COBOL-60. Dan diperbaharui pada tahun 1965. Bila suatu bahasa komputer tidak standar, dalam arti banyak versinya, maka menyulitkan pemakai untuk menerapkannya, pemakai harus menyesuaikan versi dari COBOL yang dipakai oleh komputer tertentu. Untuk mengatasi masalah hal ini, pada tahun 1968 dan 1974 bahasa COBOL dikembangkan dan disempurnakan lebih lanjut dan distandardisasikan dengan nama ANSI COBOL (American National Standards Institute ). ANSI COBOL ini yang sekarang banyak diterapkan oleh sejumlah pabrik-pabrik komputer. Dengan adanya standardisasi, pemakai tidak terlalu sulit menggunakan bahasa COBOL versi yang berbeda, karena inti dari bahsa ini sama.

Aplikasi bahasa COBOL


-Untuk membuat aplikasi bisnis
-Untuk pengolahan data dan database

Kelebihan :

-Program COBOL dibuat dalam instruksi bahasa inggris, sehingga lebih mudah dipelajari dan dibuat.
-Program COBOL sesuai untuk pengolahan data yang banyak diterapkan pada permasalahan.
-Program COBOL sifatnya standard, sehingga dapat dipergunakan pada komputer-komputer yang berbeda, tanpa banyak perbedaan.
-Struktur program COBOL jelas, sehingga dapat dimengerti oleh orang seperti akuntan, auditor, atau manajer-manajer yang hanya mempunayai pengetahuan pengolahan data yang sedikit.
-COBOL menyediakan fasilitas Listing Program, bilamana perlu dapat diperiksa oleh orang lain selain programmer.
-Mudah didokumentasikan dan dikembangkan bilamana perlu
-Problem Orientad Language

Kekurangan :

-Operasi masukan dan keluaran yang masih kaku.
-Struktur penulisan program yang sangat kaku dan bertele-tele.

6. Bahasa Java

Sejarah

Java mulai dirilis pada tahun 1990 sebagai bahasa program yang disebut Oak, kemudian Sun MicroSystem mendirikan kelompok kerja yang terdiri atas para programmer handal untuk membuat produk dan memperluas pasar Sun. Oak di desain pertama kali untuk personal digital assistance yang disebut *7 yang akan dipasarkan Sun dengan fasilitas 

Graphical User Interface.
Ternyata *7 tidak pernah dipasarkan dan secara kebetulan Sun membentuk suatu perusahaan yang disebut Firstperson untuk mengembangkan *7 dalam bentuk TV set-top boxes untuk televisi interaktif. Karena persaingan begitu ketat akhirnya prospek TV interaktif menurun dan akhirnya Oak tidak laku di pasaran. Akan tetapi FirstPerson dan Oak mengalami kegagalan. bermunculan para perintis internet khususnya World Wide Web seperti Netscape membuat software yang memungkinkan terjadinya koneksi antara internet dengan www.sun.com akhirnya menyadari bahwa Oak memiliki kemungkinan besar untuk membuat jalur akses ke dunia Web. Tidak lama kemudian Oak diluncurkan di Internet dengan nama baru yaitu, Java. Sekarang, Java masih dalam taraf pengembangan dan sudah mempengaruhi arah pemrogaman komputer dan internet. Bahasa pemrograman Java dirilis secara gratis di Internet dan Sun memberikan lisensi penuh terhadap implementasi Java dan segala komponennya untuk digunakan di berbagai vendor software Internet dengan harapan supaya dapat menciptakan standard pemrogaman Web.

Aplikasi Bahasa Java

-Pemrograman jaringan.
-Pembuatan aplikasi berbasis Windows.
-Program untuk membuat Web.

Kelebihan :

-Sederhana dan ampuh, Java menyediakan sarana untuk membuat program (applet) yang berjalan pada Web browser. Programmer dapat menggunakan applet kecil yang aman, dinamik, lintas platform, aktif dan siap dijalankan di jaringan.
-Aman, Java dirancang dengan konsep keamanan internet.
-Berorientasi objek, Java tidak diturunkan bahasa pemrogaman manapun. Java memiliki keseimbangan yang menyediakan mekanisme peng-class-an sederhana dengan model antarmuka dinamik yang intuitif hanya jika diperlukan.
-Kokoh, Java membatasi programmer dengan memberi kunci supaya progamer dapat menemukan kesalahan lebih cepat saat mengembangkan program.
-Interaktif, Java dirancang untuk menciptakan program jaringan yang interaktif.
-Netral terhadap berbagai arsitektur, Java mampu berjalan dalam platform apapun seperti PC, UNIX, Macintosh, dll.
-Terinterpretasi dan berkinerja tinggi, Java melengkapi keajaiban lintas platform yang luar biasa dengan kompilasi ke dalam representasi langsung yang disebut Java code byte yang dapat diterjemahkan oleh system apapun yang memiliki Java interpreter dan Java virtual machine.
-Mudah dipelajari karena bersifat sederhana.
-Mendukung koneksi ke database.

Kekurangan :

-Java memiliki kecepatan yang kurang dari bahasa C ++
-Implementasi J2ME tidak global. Misalnya, J2ME untuk Motorola dengan J2ME untuk Sony Ericson tidak sama. Berbeda lagi J2ME untuk Nokia. Setiap produk selalu mempunyai modul tersendiri yang dinilai aneh penerapannya dan harus di-compile dengan modul yang berbeda-beda.
-Java memakan banyak memori computer.
-Java merupakan bahasa yang kompleks dan susah dipelajari.
-Program yang dibuat oleh bahasa ini lebih lambat disbanding program yang dibuat dengan bahasa lain seperti C atau C++.

7. Bahasa PHP

Sejarah
PHP adalah bahasa Pemrogaman Web atau scripting language yang didesain untuk Web. PHP dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdford untuk menghitung jumlah pengunjung pada homepagenya pada akhir tahun 1994. PHP terus berkembang dari PHP 1 yang ditulis ulang Rasmus dalam bahasa C pada tahun 1995 sampai PHP 4 yang diluncurkan tanggal 22 Mei 2000.

Aplikasi Bahasa PHP

-PHP digunakan sebagai landasan operasi pada pemrogaman jaringan berbasis Web.
-PHP digunakan juga untuk pemrogaman database.
-PHP digunakan untuk membuat aplikasi Web

Kelebihan:

-PHP menjadi popular karena kesederhanaannya dan kemampuannya dalam menghasilkan berbagai aplikasi Web seperti counter, system artikel/ CMS, e-commerce, bulletin board, dll.
-PHP adalah salah satu bahasa server-side yang didesain khusus untuk aplikasi Web.
-PHP termasuk dalam Open Source Product dan telah mencapai versi 4.
-Aplikasi PHP cukup cepat dibandingkan dengan aplikasi CGI dengan Perl atau Phyton bahkan lebih cepat disbanding dengan ASP maupun Java dalam berbagai aplikasi Web.
-Tersedia baik di Windows maupun Linux, walau saat ini paling efektif di Web server Apache dan OS Linux.
-Sintaks mirip C dan mudah dipelajari.
-Komunitas yang ramai dan saling membantu, seperti di diskusiWeb.com, phpbuilder.com, phpindo.com, dll.
-Berbagai script atau aplikasi yang gratis telah tersedia.

Kekurangan :


-Tidak detail untuk pengembangan skala besar.
-Tidak memiliki system pemrogaman berorientasi objek yang sesungguhnya.
-Tidak bisa memisahkan antara tampilan dengan logic dengan baik.
-PHP memiliki kelemahan security tertentu apabila programmer tidak jeli dalam melakukan pemrogaman dan kurang memperhatikan isu konfigurasi PHP.
-Kode PHP dapat dibaca semua orang, dan kompilasi hanya dapat dilakukan dengan tool yang mahal dari Zend.

8. Bahasa Ruby
(http://blog.uin-malang.ac.id/fengki27/2011/10/01/macam-macam-bahasa-pemrograman)
5.
6  . 1.Pointer 
bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form.

2. PictureBox
adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG.

3. Label 
adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai. TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris.

4. Frame 
adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.

5. CheckBox 
digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false. OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu.
ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect).

6. ComboBox 
merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan. HScrollBar dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.

7. Timer 
digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual. DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox sering digunakan untuk
membentuk dialog box yang berkaitan dengan file.

8. Shape dan Line 
digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval.

9. Image berfungsi 
menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox

10. Data 
digunakan untuk data binding OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.

7.
  1. byte : merupakan tipe data untuk menyatakan bilangan dengan nilai range yang bisa dinyatakan dalam 8 bit biner dan hanya berisi bilangan non-negatif.
  2. sbyte : sama dengan byte hanya saja bisa berisi bilangan negatif.
  3. short : merupakan tipe data untuk menyatakan bilangan dengan kapasitas penyimpanan sampai 16 bit biner ( 2 bytes ) dan bisa berisi bilangan negatif.
  4. ushort : sama dengan short tetapi hanya berisi bilangan non-negatif.
  5. int : merupakan tipe data bilangan dengan kapasitas penyimpanan 4 byte, dan bisa digunakan untuk menyimpan bilangan negatif.
  6. uint : sama dengan tipe data int, perbedaannya adalah hanya bisa digunakan untuk menyimpan bilangan non-negatif.
  7. long : tipe data bilangan dengan besaran 8 byte, dan bisa digunakan untuk menyimpan bilangan negatif.
  8. ulong : sama dengan tipe data long hanya saja dikhususkan untuk bilangan non-negatif.
  9. float : merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan bilangan pecahan dengan kapasitas penyimpanan 4 byte.
  10. double : merupakan tipe data yang sama dengan float hanya memiliki tingkat precisi yang lebih tinggi dan dengan kapasitas penyimpanan 8 byte.
  11. decimal : merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan bilangan decimal dengan kapasitas penyimpanan 8 byte
  12. char : merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan karakter unicode, yaitu karakter yang dinotasikan dengan 2 byte.
  13. string : merupakan kumpulan karakter unicode (string), yang setiap karakternya dinyatakan dengan 2 byte.
  14. boolean : merupakan tipe data yang digunakan untuk menyimpan nilai benar (true) dan salah (false).
http://abcsharpind.blogspot.com/2009/12/tipe-data-dalam-c.html
8. Diagram Alur sering digunakan untuk menggambarkan sebuah algoritma.
Algoritma
Diagram Alur sering digunakan untuk menggambarkan sebuah algoritma.
Dalam matematika dan komputasi, algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.
Desain dan analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma tersebut. Dalam cabang disiplin ini algoritma dipelajari secara abstrak, terlepas dari sistem komputer atau bahasa pemrograman yang digunakan. Algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan kriteria yang sama.
Kompleksitas dari suatu algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah. Secara informal, algoritma yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam waktu yang singkat memiliki kompleksitas yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan masalahnya mempunyai kompleksitas yang tinggi.
Sejarah istilah "algoritma"Kata algoritma berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan Al Khawārizmi (hidup sekitar abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 "Algorithmi de numero Indorum". Pada awalnya kata algorisma adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab (sebenarnya dari India, seperti tertulis pada judul di atas). Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.
Jenis-jenis Algoritma
Terdapat beragam klasifikasi algoritma dan setiap klasifikasi mempunyai alasan tersendiri. Salah satu cara untuk melakukan klasifikasi jenis-jenis algoritma adalah dengan memperhatikan paradigma dan metode yang digunakan untuk mendesain algoritma tersebut. Beberapa paradigma yang digunakan dalam menyusun suatu algoritma akan dipaparkan dibagian ini. Masing-masing paradigma dapat digunakan dalam banyak algoritma yang berbeda.
Divide and Conquer, paradigma untuk membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan-permasalahan yang lebih kecil. Pembagian masalah ini dilakukan terus menerus sampai ditemukan bagian masalah kecil yang mudah untuk dipecahkan. Singkatnya menyelesaikan keseluruhan masalah dengan membagi masalah besar dan kemudian memecahkan permasalahan-permasalahan kecil yang terbentuk.
Dynamic programming, paradigma pemrograman dinamik akan sesuai jika digunakan pada suatu masalah yang mengandung sub-struktur yang optimal (, dan mengandung beberapa bagian permasalahan yang tumpang tindih . Paradigma ini sekilas terlihat mirip dengan paradigma Divide and Conquer, sama-sama mencoba untuk membagi permasalahan menjadi sub permasalahan yang lebih kecil, tapi secara intrinsik ada perbedaan dari karakter permasalahan yang dihadapi.
Metode serakah. Sebuah algoritma serakah mirip dengan sebuah Pemrograman dinamik, bedanya jawaban dari submasalah tidak perlu diketahui dalam setiap tahap;
dan menggunakan pilihan "serakah" apa yang dilihat terbaik pada saat itu
(http://arisalgoritma.blogspot.com/2008/02/pengertian-algoritma.html

9.jj


Tidak ada komentar:

Posting Komentar